Mengenal Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran Sebagai Obat Tradisional

Hidup sehat alami merupakan dambaan bagi setiap orang, tak terkecuali bagi mereka yang biasa memanjakan diri sehari-hari mengkonsumsi makan yang memiliki residu kimia yang rendah. Hidup sehat alami tidak mesti memerlukan biaya yang banyak cukup memanfaatkan makanan yang memiliki sumber protein yang tinggi diperlukan oleh tubuh. Di sekitar kita banyak terdapat makanan maupun obat-obatan yang alami yang bisa dimanfaatkan, contoh tanaman ajeran yang diyakini memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat tradisional.

Pada postingan ini, mencoba mengulas manfaat dan khasiat tanaman ajeran yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman ajeran bahasa ilmiahnya dikenal sebutan Bidens pilosa L, Bidens leucantah wild, Bidens sundaica BI. Dalam bahasa daerah tanaman ini memiliki beberapa nama yang dikenal. Ambong-ambong sebutan bahasa melayu, Ketul-ketul kebo, ketul sapi dalam bahsa jawa, Cinglancingan bahasa Madura, Haereuga sunda, dan rai-raisu dalam bahasa melayu.

Tumbuhan Ajeran

Megenal kandungan tanaman ajeran

Ajeran ternyata memiliki rasa pahit dan sifatnya agak dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ajeran di antaranya Phytosterin B. Sementara, efek farmakologis yang dimiliki tanaman ini diantaranya anti-patik (penurun panas), anti radang. Menghentikan pendarahan, melancarkan peredaran darah, dan sebagai astringan.

Manfaat tanaman aceran sebagai obat tradisional dan Cara pengolahannya

Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk pengobatan terdiri dari akar, daun dan seluruh bagiannya untuk pengobatan dalam maupun luar. Berikut penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini.

1. Mengobati demam, influenza, dan sakit tenggorokan

Cara pengolahannya : Rebuslah 15-120 gr herbal ajeran dengan 4 gelas air sampai rebusa tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi dua bagian yang sama. Minumlah 2 kali sehari secara teratur masing-masing 1 bagian.

2. Gatal-gatal


Cara pengolahannya : Cuci bersih 100 gr daun ajeran, rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gela, lalu buat menjadi dua bagian yang sama. Minumlah ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

3. Sakit gigi

Cara pengolahannya : Cuci bersih daun ajeran secukupnya lalu kunyah untuk diambil airnya sambil diarahkan di bagian gigi yang sakit. Jika air daun ajeran tidak lagi diperoleh maka buang daun yang dikunyah.

4. Rematik sendi

Cuci bersih 100 gr daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Buat menjadi dua bagianyang sama lalu minum 2 kali sehari secara teratur masing-masing 1bagian.

5. Menceret

Cara pengolahannya : Cuci berish 15-120 gr daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi dua bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing-masing 1 bagian.

Nah itulah cukup dulu ulasan mengenai manfaat dan khasiat tanaman ajeran, Semoga bermanfaat bagi pembaca. Bila ada tanaman ajeran disekitar anda manfaatkanlah sebaik mungkin untuk mengobati penyakit yang sudah disebutkan diatas.

1 Response to "Mengenal Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran Sebagai Obat Tradisional"

  1. Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut.

    BalasHapus