Mengenal Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Sebagai Obat Tradisional

Siapa yang tidak mengenal asam jawa, tanaman ini buahnya banyak dimanfaatkan orang sebagai bumbu masakan. Tak heran asam jawa banyak kita temukan dimana-mana dijual terutama di pasar. Penggunaan Asam jawa hampir terbilang cukup sering dipakai masyarakat sebagai bahan meracik obat tradisional. 

Tanaman yang dikenal dalam bahasa latin Tamarindus Indical ini berasal dari India. Sejak zaman dahulu keberadaan asam jawa sudah dikenal masyarakat umum Indonesia, Tidak tahu persis tahun berapa datangnya yang jelas tanaman ini menjadi bahan yang tidak bisa dipisahkan sebagai bahan dasar olahan makanan. Sebagai contoh, Penggunaan asam Jawa di kepulauan Sumbawa sebagai olahan makanan menjadi primadona andalan makanan masakan sumbawa seperti pembuatan singang dan pembuatan sayur yang diberi nama Sepat. 

Khasiat Asam Jawa 

Sebelum kita mengenal khasiat Asam Jawa ada baiknya dulu kita cari tahu kandungan yang terdapat di dalamnya. Asam jawa memiliki rasa manis, asam dan bersifat sejuk.Buah asam jawa mengandung bahan kimia, seperti gula Invert, tartaric acid, Vitamin B3, Grania, limonene, peptin. Efek farmakologis Asam jawa diantaranya antiseptik, mengilangkan rasa sakit,peluruh kandungan, penurun panas, penambah nafsu makanan, sebagai astrigen, dan tonik. 

Mengolah asam jawa sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit 
Buah tanpa biji, dan kulit biji luar dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut : 
1. Daging Asam  Jawa mengobati Batuk 
Cara mengolahnya : Cuci 10 gr daging buah asam, seduh dengan 1 Gelas air panas, lalu minum bersama gula merah secukupnya 1 gelas air. 

2. Daun Asam Jawa Berkhaisat mengobati bisul 
Cuci bersih daun asam jawa dan rimapang kunyit secukupnya, tumbuk halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul hilang 

3. Asam Jawa mengobati borok karena luka 
Cuci bersih biji asam atau daun kering secukupnya, tumbuk halus, oleskan pada borok, lalu balut. Lakukan secara rutin sampai borok hilang 

4. Asam Jawa mengobati karang gigi 
Sangrai biji asam secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu gosokkan ke bagia karang gigi dengan kain atau sikat gigi. 

5. Asam Jawa mencegah rambut rontok 
Campur buah asam yang sudah masak dengan sedikit air. Gunakan ramuan untuk mengurut kulit kepada, cuci dengan sampo, lalu bilas dengan air bersih. 

Nah itulah beberapa khasiat dari asam jawa sebagai bahan pengobatan tradisional. semoga bermanfaat untuk pembaca.

1 Response to "Mengenal Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Sebagai Obat Tradisional "

  1. Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut.

    BalasHapus