Khasiat Kelor Sebagai Obat Herbal dan Cara Meramunya

 Tanaman kelor selain dijadikan sebagai sayuran, juga dijadikan sebagai  bahan obat herbal untuk berberapa penyakit. Tanaman ini dikenal dengan istilah Mornga Olefera Lamk. Tumbuh dan berkembang di Indonesia dan dijadikan sebagai tanaman sayuran yang sangat enak untuk dikonsumsi. 

Kandungan kimia dan efek farmalogis kelor 
Tumbuhan kelor memiliki rasa agak pahit, bersifat netral dan tidak beracun.Bahan kimia yang terkandungpada biji kelor, di antaranya minyak behen. pada kulit  akar minyak terbang, sedangkan pada sel-sel tertentu mengandung myrosine,emulsine, alkaloda pahit. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kelor diantaranya anti inflamasi, antipiretik dan antiskorbut. 


Cara meramu kelor sebagai obat 

1. Beri-beri dan udim 
Giling akar kelor, akar pepaya, dan kulit lawang atau cengkih masing-masing satu jari. Tambahkan air, peras, dan saring. Bagi air saringan menjadi 2 bagian yang sama. Minum air hasil saringan sebanyak dua kali sehari, masing-masing 1 bagina.

2. Biduran dan alergi
Rebus 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, serta adas dan pulasari secukupnya dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring dan minum air rebus dua kali sehari masing-masing 1 gelas. 

3. Rabun ayam 
Tumbuk 3 tangkai daun kelor sampai halus, lalu seduh dengan 1cangkir air masak dan saring. Tambahkan madu ke dalam air daun kelor yang tersaring, lalu aduk sampai merata. Minum sebelum tidur. 

1 Response to "Khasiat Kelor Sebagai Obat Herbal dan Cara Meramunya "

  1. Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut.

    BalasHapus